BAB
|
1.
Konsep
Business dan ECommerce
Secara umum Electronic Commerce (ECommerce) dapat didefinisikan sebagai segala
bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau
jasa (trade of goods and service) dengan
menggunakan media elektronik. Sedangkan EBusiness
memiliki definisi yang lebih luas daripada
EComerce. EBusiness mencakup segala aspek yang
ada di dalam ECommerce, plus bagaimana
cara menjalankan bisnis
(proses internal di dalam organisasi).
Di dalam Commerce, para pihak yang melakukan
kegiatan perdagangan/perniagaan hanya berhubungan
melalui suatu jaringan public (public network)
yang dalam perkembangan terakhir menggunakan media internet.Secara
umum, ECommerce dapat diklasifikasikan menjadi
dua jenis, yaitu: Business to
Business (B2B) dan Business to
Consumer (B2C).
B2B adalah sistem komunikasi bisnis online antar pelaku bisnis,
sedangkan B2C merupakan mekanisme took online (electronic shopping mall),
aitu transaksi antara pihak
yang menawarkan barang atau jasa dengan pihak
pembeli dengan menggunakan media internet. Dalam B2B,
pada umumnya, transaksi dilakukan oleh para trading partners yang sudah saling kenal
dengan format data yang telah disepakati
bersama. Sedangkan dalam B2C sifatnya terbuka
untuk publik, sehingga setiap individu dapat
mengaksesnya melalui suatu web server,
Model transaksi ECommerce dapat digambarkan sebagai
proses seperti yang terlihat dalam Gambar 2.1.
Pada Gambar
1 terlihat calon pembeli (buyer) melihat
atau mencari barang atau jasa yang dia
inginkan yang ditawarkan n di dalam
website perusahaan dan mencari data atau
informasi tertentu yang dibutuhkan sehubungan
dengan proses transaksi jual beli yang akan
dilakukan. Jika tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan,
buyer dapat melakukan transaksi perdagangan
dengan cara melakukan pemesanan secara elektronik
(online orders), yaitu dengan menggunakan
perangkat komputer dan jaringan internet.
Berdasarkan pesanan tersebut, perusahaan akan
mendistribusikan barangnya kepada buyer. Selanjutnya,
melalui internet dapat pula dilakukan
aktivitas pasca pembelian, yaitu pelayanan
purnajual (electronic customer support). Proses
ini dapat dilakukan melalui jalur
konvensional, seperti telepon, ataupun jalur
internet, seperti email, teleconference, chatting,
dan lainlain. Dari interaksi tersebut diharapkan
customers dapat dating kembali dan melakukan pembelian produk
atau
jasa di kemudian hari (followon sales).
2.
OsCommerce
OsCommerce merupakan
solusi aplikasi online shop (eCommerce)
yang
bersifat
open source. Aplikasi ini membantu
menciptakan toko di dalam dunia maya
yang pada akhirnya membantu solusi penjualan di dalam perusahaan melalui metode
yang lebih modern yaitu penjualan di dalam internet. Keunggulan dari OsCommerce:
1)
Gratis karena merupakan aplikasi open source
Sangat mudah untuk melakukan
initial setup.
2)
Tidak sulit untuk mengelola isi di dalamnya.
3)
Gampang bagi administrator toko untuk menampilkan semua produk mereka
ke konsumen dengan permintaanpermintaan khusus dari konsumen itu sendiri
4)
Komunitas yang aktif dimana
sesama member saling membantu apabila menemukan
kesulitan dalam penggunaannya.
Yang menjadi fiturfitur inti di dalam OsCommerce adalah sebagai berikut:
a.
Customer Functionality
Customer dapat melihat
semua history pembelian di dalam toko
online.
Basisdata mengenai penjualan
atas customer tersimpan rapi. Customer
juga
dapat mengelola account mereka sendiri.
b.
Product Functionality
Menampilkan produkproduk yang dijual di dalam toko online,
Berapa stok yang tersedia dan
penjelasan lebih lanjut mengenai spesifikasi
produk yang bersangkutan.
c.
Payment Functionality
Menyediakan beberapa alternatif pembayaran atas pembelian terhadap produk
Didalam took online. Baik itu berupa pembayaran offline maupun online.
d.
Shipping Functionality
Fitur pengiriman yang akan
langsung menghitung berapa biaya pengiriman yang
akan ditanggung oleh pembeli terhadap
berat, kuantitas dan tujuan pengiriman atas suatu produk yang dijual di toko online.
e.
Tax Functionality
Menampilkan pajak atas
penjualan produk di dalam toko online.
Dapat
menampilkan pajak yang berbedabeda tergantung atas produknya.
BAB III
A.
ANALISIS DAN
PERENCANAAN BISNIS TOKO SEPATU ONLINE
1. Gambaran Bisnis Secara Umum
Secara umum sepatu hanya bisa kita
dapatkan di toko sepatu yang terdapat di mall atau ruko-ruko. Namun kini jaman
telah berubah, trend belanja online sudah mulai tumbuh, dan banyak kalangan
urban tepatnya mereka yang kesehariannya di depan internet, sangat suka dengan
aktifitas belanja online. Dan untuk kebutuhan alas kaki semacam sepatu, kini
banyak orang mulai memburu sepatu-sepatu model unik di ineternet. Semua orang
juga punya kesempatan untuk mengambil kesempatan terjun di bisnis toko sepatu
online.
Bisnis
toko sepatu online memang bisa menjadi salah satu pilihan bagi kita yang hendak
berjualan lewat situs web toko online. Mengapa harus sepatu? karena celah untuk
bisnis sepatu lewat online cukup terbuka lebar, selain itu banyaknya pilihan
produk sepatu baik dari industry besar maupun industry rumahan, memberikan
kesempatan untuk kita memasarkannya lebih luas lagi.
Namun satu point penting bagi kita yang
hendak terjun di segmen bisnis took sepatu online, yakni pilihlah jeis sepatu
yang tepat. Dalam artian, kita harus mengetahui apa yang masyarakat dunia maya
butuhkan. Maksudnya, selera pasar online harus kita ketahui betul. Semua barang
khususnya sepatu tentu memiliki kesempatan laku di internet, namun
masing-masing punya tingkat kecepatan terjual yang berbeda-beda. Untuk tu
pilihlah jenis sepatu yang lebih mudah terjual namun juga mampu menarik simpati
saat kita memajang gambarnya. Dan contoh tersebut diantaranya adalah sepatu
wanita hasil kejarinan tangan, dan sepatu anak dengan motif unik namun lucu.
a.
Membangun toko online lewat Aplikasi Gratis
dengan Ecommerce
Untuk
menjalankan bisnis toko sepatu online ini, hal penting yang perlukita
perhatikan adalah media berjualan yang kita gunakan, kali ini penulis ingin
memanfaatkan software gratis untuk membangun Toko sepatu online yang bisa dirancang
dengan cukup kuat dan bagus untuk dikembangkan. Toko sepatu online ini akan
penulis beri nama yaitu “ Planet Sport.
Net” yang nantinya menyediakan segala merk sepatu ternama dengan harga yang
relative murah dan produk yang memuaskan bagi calon pembeli.
2. Deskripsi Produk Dan Layanan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan sepatu
dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 2 - 4 sepatu dalam setahun,
ditambah masyarakatnya yang royal dalam mengkonsumsi sepatu bermerk, khususnya
oleh anak remaja.
Adapun kualitas
produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan dalam
produk dan layanan yaitu;
- Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
- Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
- Penawaran dengan merk ternama.
- Harga yang relative murah.
- Aman dan nyaman dalam bertrasaksi.
- Cepat dalam menyuguhkan informasi bagi setiap orang yang membutuhkan informasi tentang produk yang kami tawarkan
- sesuai dengan selera masyarakat
- kualitas produk terjamin
dengan
keunggulan-keunggulan yang kami tawarkan kami yakin bahwa produk kami akan
sukses dimasa yang akan datang terlebih kami bekerja sama dengan dengan buyer
ternama seperti :
1.
Nike
2.
Adidas
3.
Puma
4.
New Balance
5.
Reebox
6.
Lotto
7.
Batta
8.
Eiger
3. Rancana Dan Strategi Marketing
Saya merencanakan untuk memasarkan produk
sepatu ternama yang sudah dikenal oleh masyarakat luas dan tidak diragukan lagi
dengan produk-produk yang dirancang.
a.
Pasar
dan Pelanggan yang Menjadi Sasaran
Para pelanggan saya adalah konsumen yang menggunakan
koneksi jaringan internet yang memerlukan produk seperti sepatu model terbaru
dengan kualitas yang terjamin bagi calon konsumen kami disisi lain kami
memberikan potongan harga dengan peringkat kredit dan reputasi yang bagus untuk
calon pelanggan kami agar kami mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen,dan untuk pembayaran tepat waktu dan memudahkan
bagi konsumenkami kami memberikan alternatif pembayaran bagi konsumen kami. Ini meliputi pembayaran melalui paypal,
Bank BCA, Bank BRI, Kartu Kredit dan lain sebagainya.
b. Konsumen Mudah membeli
pengunjung toko
online akan mudah membeli. Maksudnya, begitu mereka membuka website toko sepatu
online mereka tak akan kebingungan lagi bagaimana caranya membeli.
dalam membangun toko online kita menggunakan tombol keranjang, dan itu akan mudah digunakan.
dalam membangun toko online kita menggunakan tombol keranjang, dan itu akan mudah digunakan.
c. Layanan
Customer service
Layanan customer
service akan disediakan selama 24 jam. Untuk calon pelanggan kami yang
memerlukan informasi tentang produk yang kami tawarkan. Hal ini bertujuan agar
pelanggan tidak bingung, dan dalam took sepatu ini akan disiapkan jalur
telepon, SMS, BBM, chatting dan email.
d. Gambar produk yang oke
Dari gambar
produk yang kami upload ke situs took sepatu online maka konsumen akan menilai
bagaimana produk yang kami tawarkan.
dan kami akan membuat foto yang berkualitas. Agar para pelanggan tertarik untuk membeli produk yang kami tawarkan.
dan kami akan membuat foto yang berkualitas. Agar para pelanggan tertarik untuk membeli produk yang kami tawarkan.
e. Pengiriman
cepat
Pengiriman
barang yang cepat akan menjadi ciri khas took sepatu online kami dalam
membrikan pelayanan kepada konsumen kami. Sebab orang yang beli online biasanya
tak sabar untuk menerima barang yang di-ordernya. Dengan pengiriman yang cepat
akan menambah value dari pengalaman belanja online pemesan, yang pasti akan
berpengaruh terhadap toko online yang dikelola.
4.
Perencanaan operasional
Perencanaan
operasional adalah perencanaan yang memusatkan perhatiannya pada operasi
sekarang (jangka pendek) dan terutama berkenaan dengan tujuan mencapai
efisiensi.
a.
Visi
Visi Saya menjadikan Toko sepatu ini yang
sementara mampu bersaing dan tumbuh kembang dengan sehat dan menjadi Toko
terkemuka di bidang Bisnis online. dengan mengutamakan Pelayanan purna jual
yang terbaik untuk Konsumen.
b.
Misi
v
Menghasilkan
laba yang sangat besar
v
Mampu
meyediakan berbagai macam sepatu untuk kebutuhan konsumen.
v
Mampu
menjalin hubungan dengan Toko – Toko sepatu yang disekitar kita.
c.
Target
dan Indikator
Adapun target dan indicator dalam membangun took
sepatu online sebagai berikut ;
|
Indicator produk yang ditawarkan
|
Target Tahunan
|
||||
|
No.
|
Merk Sepatu
|
2014
|
2015
|
2016
|
2017
|
|
1
|
Nike
|
1000 Prs
|
1025 Prs
|
1075 Prs
|
1500 Prs
|
|
2
|
Adidas
|
1010 Prs
|
1050 Prs
|
1100 Prs
|
1200 Prs
|
|
3
|
Puma
|
500 Prs
|
600 Prs
|
700 Prs
|
800 Prs
|
|
4
|
New Balance
|
500 Prs
|
600 Prs
|
700 Prs
|
800 Prs
|
|
5
|
Lotto
|
300 Prs
|
400 Prs
|
500 Prs
|
600 Prs
|
|
6
|
Bata
|
1000 Prs
|
1020 Prs
|
1025 Prs
|
1040 Prs
|
|
7
|
Eiger
|
1000 Prs
|
1200 Prs
|
1250 Prs
|
1300 Prs
|
d.
Strategi program kebijakan
Untuk mencapai Strategi beserta
indikatornya maka diterapkan berbagai program yaitu :
·
Pertahanan persaing. agar tetap bersaing, maka
pengembangan produk dan perluasan pelayanan perusahaan harus selalu dinamis dan
memesisikan perurasahaan dalam keadaan kritis.
·
Selalu menawarkan produk baru dengan model-model
yang terbaru dari semua merek sepatu yang ditawarkan.
·
Mencoba produk yang menjadi andalan
utama yang baru, dan tidak berkonsentrasi pada perbaikan keberhasilan produk
yang sudah ada.
·
Mengambil langkah positif proaktif
untuk menguasai manajer dan kunci ahli teknik propesional yang selalu
diikutsertakan dalam pembentukan keberhasilan perusahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar