ilmu kita: bisnis toko Online

Jumat, 11 April 2014

bisnis toko Online



BAB   
2
LANDASAN TEORI

1.            Konsep Business dan E­Commerce
Secara umum Electronic Commerce (E­Commerce) dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan  barang atau  jasa (trade of goods  and service)  dengan  menggunakan  media  elektronik.  Sedangkan E­Business  memiliki definisi yang lebih luas daripada  E­Comerce. E­Business mencakup segala  aspek  yang  ada   di   dalam  E­Commerce,   plus  bagaimana  cara menjalankan   bisnis  (proses internal di dalam organisasi).
Di   dalam Commerce, para   pihak   yang   melakukan   kegiatan  perdagangan/perniagaan   hanya   berhubungan  melalui   suatu   jaringan   public (public network)  yang  dalam  perkembangan  terakhir  menggunakan  media internet.Secara  umum,  E­Commerce  dapat  diklasifikasikan  menjadi  dua   jenis,  yaitu: Business   to  Business  (B2B)  dan  Business   to  Consumer  (B2C).  
B2B adalah  sistem komunikasi bisnis online antar pelaku bisnis, sedangkan  B2C merupakan mekanisme took online (electronic shopping mall), aitu  transaksi antara         pihak  yang  menawarkan  barang  atau jasa  dengan  pihak  pembeli dengan  menggunakan  media internet. Dalam  B2B,  pada  umumnya,  transaksi dilakukan oleh para trading partners yang sudah saling kenal  dengan  format  data  yang   telah  disepakati  bersama.  Sedangkan  dalam  B2C sifatnya terbuka  untuk  publik,  sehingga  setiap individu  dapat mengaksesnya  melalui  suatu web server, Model transaksi E­Commerce  dapat  digambarkan  sebagai  proses  seperti  yang  terlihat dalam Gambar 2.1.


Pada  Gambar  1   terlihat  calon  pembeli   (buyer)  melihat  atau  mencari barang atau   jasa   yang   dia   inginkan   yang   ditawarkan   n di   dalam  website  perusahaan dan mencari  data  atau   informasi   tertentu  yang  dibutuhkan  sehubungan  dengan proses transaksi   jual  beli  yang  akan  dilakukan.  Jika   tertarik  dengan  produk  atau   jasa  yang ditawarkan,  buyer  dapat  melakukan   transaksi  perdagangan dengan  cara  melakukan pemesanan  secara  elektronik  (online  orders),  yaitu dengan  menggunakan  perangkat komputer   dan   jaringan   internet.   Berdasarkan pesanan   tersebut,  perusahaan  akan mendistribusikan  barangnya  kepada  buyer. Selanjutnya,  melalui   internet  dapat  pula dilakukan  aktivitas  pasca  pembelian, yaitu  pelayanan  purnajual   (electronic  customer support).   Proses   ini   dapat dilakukan  melalui   jalur   konvensional,   seperti   telepon, ataupun   jalur   internet,   seperti  e­mail,   teleconference,   chatting,  dan   lain­lain.  Dari interaksi   tersebut diharapkan customers dapat dating kembali dan melakukan  pembelian  produk  atau  jasa di kemudian hari (follow­on sales).

2.            OsCommerce
       OsCommerce   merupakan   solusi   aplikasi  online  shop  (e­Commerce)   yang 
bersifat  open  source.  Aplikasi   ini  membantu  menciptakan   toko  di dalam  dunia  maya 
yang pada akhirnya membantu solusi penjualan di dalam perusahaan melalui metode 
yang lebih modern yaitu penjualan di dalam internet. Keunggulan dari OsCommerce:
1)      Gratis karena merupakan aplikasi open source Sangat  mudah  untuk melakukan   initial  setup.
2)      Tidak sulit untuk mengelola isi di dalamnya.
3)      Gampang bagi administrator toko untuk menampilkan semua produk mereka  ke konsumen dengan permintaan­permintaan khusus dari konsumen itu sendiri
4)      Komunitas   yang   aktif   dimana   sesama  member  saling   membantu apabila menemukan  kesulitan dalam penggunaannya.
Yang menjadi fitur­fitur inti di dalam OsCommerce adalah sebagai berikut:
a.      Customer Functionality
       Customer  dapat   melihat   semua   history   pembelian   di   dalam   toko  online. 
       Basisdata  mengenai  penjualan  atas  customer  tersimpan   rapi.  Customer  juga 
       dapat mengelola account mereka sendiri.

b.      Product Functionality
      Menampilkan produk­produk yang dijual di dalam toko online, Berapa stok yang  tersedia dan   penjelasan   lebih   lanjut   mengenai   spesifikasi   produk   yang  bersangkutan. 
c.       Payment Functionality
Menyediakan beberapa alternatif pembayaran atas pembelian terhadap produk 
      Didalam  took online. Baik itu berupa pembayaran offline maupun online.
d.      Shipping Functionality
Fitur  pengiriman  yang  akan   langsung  menghitung  berapa  biaya  pengiriman  yang   akan   ditanggung   oleh   pembeli   terhadap   berat,   kuantitas   dan tujuan pengiriman atas suatu produk yang dijual di toko online.
e.       Tax Functionality
       Menampilkan   pajak   atas   penjualan   produk   di   dalam   toko  online.  Dapat 
       menampilkan pajak yang berbeda­beda tergantung atas produknya.
 

BAB III
A.          ANALISIS DAN PERENCANAAN BISNIS TOKO SEPATU ONLINE
1.      Gambaran Bisnis Secara Umum
      Secara umum sepatu hanya bisa kita dapatkan di toko sepatu yang terdapat di mall atau ruko-ruko. Namun kini jaman telah berubah, trend belanja online sudah mulai tumbuh, dan banyak kalangan urban tepatnya mereka yang kesehariannya di depan internet, sangat suka dengan aktifitas belanja online. Dan untuk kebutuhan alas kaki semacam sepatu, kini banyak orang mulai memburu sepatu-sepatu model unik di ineternet. Semua orang juga punya kesempatan untuk mengambil kesempatan terjun di bisnis toko sepatu online.
Bisnis toko sepatu online memang bisa menjadi salah satu pilihan bagi kita yang hendak berjualan lewat situs web toko online. Mengapa harus sepatu? karena celah untuk bisnis sepatu lewat online cukup terbuka lebar, selain itu banyaknya pilihan produk sepatu baik dari industry besar maupun industry rumahan, memberikan kesempatan untuk kita memasarkannya lebih luas lagi.
      Namun satu point penting bagi kita yang hendak terjun di segmen bisnis took sepatu online, yakni pilihlah jeis sepatu yang tepat. Dalam artian, kita harus mengetahui apa yang masyarakat dunia maya butuhkan. Maksudnya, selera pasar online harus kita ketahui betul. Semua barang khususnya sepatu tentu memiliki kesempatan laku di internet, namun masing-masing punya tingkat kecepatan terjual yang berbeda-beda. Untuk tu pilihlah jenis sepatu yang lebih mudah terjual namun juga mampu menarik simpati saat kita memajang gambarnya. Dan contoh tersebut diantaranya adalah sepatu wanita hasil kejarinan tangan, dan sepatu anak dengan motif unik namun lucu.
a.            Membangun toko online lewat Aplikasi Gratis dengan Ecommerce
      Untuk menjalankan bisnis toko sepatu online ini, hal penting yang perlukita perhatikan adalah media berjualan yang kita gunakan, kali ini penulis ingin memanfaatkan software gratis untuk membangun Toko sepatu online yang bisa dirancang dengan cukup kuat dan bagus untuk dikembangkan. Toko sepatu online ini akan penulis beri nama yaitu “ Planet Sport. Net” yang nantinya menyediakan segala merk sepatu ternama dengan harga yang relative murah dan produk yang memuaskan bagi calon pembeli.

2.      Deskripsi Produk Dan Layanan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan sepatu dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 2 - 4 sepatu dalam setahun, ditambah masyarakatnya yang royal dalam mengkonsumsi sepatu bermerk, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan dalam produk dan layanan yaitu;
  • Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
  • Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang uptodate
  • Penawaran dengan merk ternama.
  • Harga yang relative murah.
  • Aman dan nyaman dalam bertrasaksi.
  • Cepat dalam menyuguhkan informasi bagi setiap orang yang membutuhkan informasi tentang produk yang kami tawarkan
  • sesuai dengan selera masyarakat
  • kualitas produk terjamin
dengan keunggulan-keunggulan yang kami tawarkan kami yakin bahwa produk kami akan sukses dimasa yang akan datang terlebih kami bekerja sama dengan dengan buyer ternama seperti :
1.            Nike
2.            Adidas
3.            Puma
4.            New Balance
5.            Reebox
6.            Lotto
7.            Batta
8.            Eiger

3.      Rancana Dan Strategi Marketing
Saya merencanakan untuk memasarkan produk sepatu ternama yang sudah dikenal oleh masyarakat luas dan tidak diragukan lagi dengan produk-produk yang dirancang.
a.      Pasar dan Pelanggan yang Menjadi Sasaran
Para pelanggan saya adalah konsumen yang menggunakan koneksi jaringan internet yang memerlukan produk seperti sepatu model terbaru dengan kualitas yang terjamin bagi calon konsumen kami disisi lain kami memberikan potongan harga dengan peringkat kredit dan reputasi yang bagus untuk calon pelanggan kami agar kami mendapatkan kepercayaan lebih dari konsumen,dan  untuk pembayaran tepat waktu dan memudahkan bagi konsumenkami kami memberikan alternatif pembayaran  bagi  konsumen kami. Ini meliputi pembayaran melalui paypal, Bank BCA, Bank BRI, Kartu Kredit dan lain sebagainya.
b.      Konsumen Mudah membeli
pengunjung toko online akan mudah membeli. Maksudnya, begitu mereka membuka website toko sepatu online mereka tak akan kebingungan lagi bagaimana caranya membeli.
dalam membangun toko online kita menggunakan tombol keranjang, dan  itu akan  mudah digunakan.
c.       Layanan Customer service
Layanan customer service akan disediakan selama 24 jam. Untuk calon pelanggan kami yang memerlukan informasi tentang produk yang kami tawarkan. Hal ini bertujuan agar pelanggan tidak bingung, dan dalam took sepatu ini akan disiapkan jalur telepon, SMS, BBM, chatting dan email.
d.      Gambar produk yang oke
Dari gambar produk yang kami upload ke situs took sepatu online maka konsumen akan menilai bagaimana produk yang kami tawarkan.
dan kami akan membuat foto yang berkualitas. Agar para pelanggan tertarik untuk membeli produk yang kami tawarkan.
e.       Pengiriman cepat
Pengiriman barang yang cepat akan menjadi ciri khas took sepatu online kami dalam membrikan pelayanan kepada konsumen kami. Sebab orang yang beli online biasanya tak sabar untuk menerima barang yang di-ordernya. Dengan pengiriman yang cepat akan menambah value dari pengalaman belanja online pemesan, yang pasti akan berpengaruh terhadap toko online yang  dikelola.
4.      Perencanaan operasional
Perencanaan operasional adalah perencanaan yang memusatkan perhatiannya pada operasi sekarang (jangka pendek) dan terutama berkenaan dengan tujuan mencapai efisiensi.


a.      Visi
Visi Saya menjadikan Toko sepatu ini yang sementara mampu bersaing dan tumbuh kembang dengan sehat dan menjadi Toko terkemuka di bidang Bisnis online. dengan mengutamakan Pelayanan purna jual yang terbaik untuk Konsumen.
b.      Misi
v            Menghasilkan laba yang sangat besar
v            Mampu meyediakan berbagai macam sepatu untuk kebutuhan konsumen.
v            Mampu menjalin hubungan dengan Toko – Toko sepatu yang disekitar kita.
c.      Target dan Indikator
Adapun target dan indicator dalam membangun took sepatu online sebagai berikut ;
Indicator produk yang ditawarkan
Target Tahunan
No.
Merk Sepatu
2014
2015
2016
2017
1
Nike
1000 Prs
1025 Prs
1075 Prs
1500 Prs
2
Adidas
1010 Prs
1050 Prs
1100 Prs
1200 Prs
3
Puma
 500 Prs
 600 Prs
 700 Prs
 800 Prs
4
New Balance
 500 Prs
 600 Prs
 700 Prs
 800 Prs
5
Lotto
 300 Prs
 400 Prs
 500 Prs
 600 Prs
6
Bata
1000 Prs
1020 Prs
1025 Prs
1040 Prs
7
Eiger
1000 Prs
1200 Prs
1250 Prs
1300 Prs
d.       Strategi program kebijakan
Untuk mencapai Strategi beserta indikatornya maka diterapkan berbagai program yaitu :
·         Pertahanan persaing. agar tetap bersaing, maka pengembangan produk dan perluasan pelayanan perusahaan harus selalu dinamis dan memesisikan perurasahaan dalam keadaan kritis.
·         Selalu menawarkan produk baru dengan model-model yang terbaru dari semua merek sepatu yang ditawarkan.
·          Mencoba produk yang menjadi andalan utama yang baru, dan tidak berkonsentrasi pada perbaikan keberhasilan produk yang sudah ada.
·          Mengambil langkah positif proaktif untuk menguasai manajer dan kunci ahli teknik propesional yang selalu diikutsertakan dalam pembentukan keberhasilan perusahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar